ASI – Makanan dan Minuman Dalam Satu Paket

Payudara hanya memproduksi satu macam ASI. Setelah bayi selesai menyusu, laktosa dari ASI yang tertinggal di saluran ductus payudara akan menarik air dari sekelilingnya sehingga membuatnya kaya air, rendah lemak, encer dan lebih bening.

ASI bening yang kaya air ini akan lebih dahulu keluar. ASI yang keluar di awal waktu menyusui atau memerah ASI disebut foremilk.

Sementara itu, lemak-lemak ASI terikat pada dinding sel alveolus. Lemak-lemak ini baru akan terhisap setelah seluruh foremilk keluar. ASI yang keluar tampak lebih kental karena kaya lemak. ASI yang keluar di akhir waktu menyusui atau memerah ASI disebut hindmilk.

Foremilk dan hindmilk sama pentingnya bagi bayi supaya sehat dan tumbuh berkembang dengan baik. Bayi akan tercukupi kebutuhan cairannya dan sekaligus akan mendapatkan makanan yang menyamankan perutnya serta terpenuhi kebutuhan asupan kalorinya.

Foremilk dan hindmilk. Tidak ada yang lebih superior dibanding yang lain. Sehingga penting bagi bayi untuk mendapatkan foremilk dan hindmilk secara seimbang.

Ikuti kemauan bayi, biarkan bayi menyusu tanpa dibatasi. Jangan interupsi ketika bayi sedang aktif menyusu. Biarkan bayi selesai menyusu di payudara pertama, baru kemudian coba ditawarkan payudara yang lain. Saat haus bayi akan mengambil foremilk dengan menyusu sebentar. Saat lapar bayi akan sering minta menyusu hingga kenyang.

Semua ibu memiliki foremilk dan hindmilk untuk mencukupi kebutuhan bayi yang disusuinya. Ibu tidak perlu repot-repot merawat payudara untuk mendapatkan proporsi foremik dan hindmilk yang seimbang. Mengocok payudara juga tidak memberi efek bagi proporsi foremilk dan hindmilk. Ibu cukup melakukan manajemen menyusui yang baik dan makan+minum yang cukup.

Selamat menyusui ^_^

ASI foremilk hindmilk
ASI foremilk hindmilk

Keterangan Foto:
Foto ini adalah hasil ASI Perah dari teman saya, dr. Ria Subekti. Dr. Ria saya minta untuk memisahkan ASIP di awal, tengah dan akhir sesi pemerahan sehingga menghasilkan foto ini.

Terlihat jelas ASI di awal encer dan bening yaa! 😀 (ini di dunia nyata keliatan banget bedanya, lhoo)

Jadi, semoga para ibu yang khawatir ASI-nya bening dan encer tidak surut semangatnya. Itu disebut foremilk. Meski bening dan encer, foremilk penting bagi bayi. Teruskan menyusui dan biarkan bayi menyusu hingga payudara kempes serta melepas sendiri supaya bayi bisa dapat hindmilk.

– dr. Annisa Siti Rohimah (Annisa Karnadi)

Topik Terkait