Kenali Gejala Demam Berdarah Dangue (DBD)

Salah satu penyakit yang sering muncul di musim penghujan adalah demam berdarah. Keterlambatan penanganan penyakit ini dapat berakibat pada kematian. Untuk mengetahui gejala seperti penyakit demam berdarah, timbul setelah melewati masa inkubasi 3 sampai dengan 5 hari sejak seseorang terserang virus dengue. Setelah 3 sampai 5 hari, gejala yang akan timbul adalah :

  1. Suhu badan naik antara 38-40 derajat celsius disertai dengan demam dan panas selama dua sampai tujuh hari berturut-turut. Demam kadang disertai dengan bintik merah namun terkadang juga tidak menunjukkan bintik merah, tetapi akan jelas terlihat apabila diperiksa dengan metoda uji torniquet.
  2. Panas badan bisa turun atau naik dan bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
  3. Perasaan menggigil, hilangnya nafsu makan dan minum serta disertai rasa mual yang mendorong untuk muntah, terkadang sering terasa nyeri di kepala.
  4. Nafas tak beraturan dan terasa sesak.
  5. Terasa nyeri saat menggerakan bola mata dan nyeri punggung pada awal gejala.
  6. Otot di seluruh bagian tubuh terasa pegal dan nyeri.
  7. Kulit menjadi nampak kemerahan, terutama di bagian muka.
  8. Buang air besar berwarna hitam dan keras. Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah kira-kira di bawah 100.000/mm3 dan terjadi peningkatan hematokrit diatas 20 %. Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.

Demam dengue juga disebut sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi bentuk yang mengancam jiwa. Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom renjat dengue (dengue shock syndrome), yang menyebabkan tekanan darah rendah yang dapat sangat berbahaya.
Terdapat empat jenis virus dengue. Apabila seseorang telah terinfeksi satu jenis virus, biasanya dia menjadi kebal terhadap jenis tersebut seumur hidupnya. Namun, dia hanya akan terlindung dari tiga jenis virus lainnya dalam waktu singkat. Jika kemudian dia terkena satu dari tiga jenis virus tersebut, dia mungkin akan mengalami masalah yang serius.
Apabila seseorang terkena demam dengue, biasanya dia dapat pulih hanya dengan meminum cukup cairan, selama penyakitnya tersebut masih ringan atau tidak parah. Jika seseorang mengalami kasus yang lebih parah, dia mungkin memerlukan cairan infus (cairan yang dimasukkan melalui vena, menggunakan jarum dan pipa infus), atau transfusi darah (diberikan darah dari orang lain). Intinya segera periksakan diri ke sarana kesehatan terdekat, apabila muncul gejala-gejala seperti di atas.

SalamSehat

Topik Terkait