Mengapa Bermunculan Penyakit Ketika Musim Hujan ?

Musim penghujan di Indonesia pada umumnya jatuh pada bulan Oktober sampai dengan Maret setiap tahunnya. Perubahan pola iklim dunia yang terjadi dalam dua dasawarsa terakhir, menggeser pola curah hujan, yang justru sering terjadi di bulan yang sesungguhnya bersuhu panas. Secara khusus, frekuensi curah hujan setiap kota berbeda-beda. Di Jakarta, intesitas hujan yang terjadi selama bulan Desember sampai Januari bervariasi; mulai dari sedang sampai tinggi. Akibat intensitas hujan yang tinggi disertai tata dan kondisi lingkungan yang buruk, banyak wilayah di Jakarta terendam banjir.

Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim pancaroba. Jika siang hari matahari bersinar sangat terik sehingga suasana terasa amat panas, namun tiba-tiba cuaca dapat berubah mendadak menjadi hujan dan udara menjadi terasa dingin. Perubahan cuaca yang tiba-tiba inilah yang disebut dengan musim pancaroba.

Perubahan udara dan temperatur amat berpengaruh pada tubuh manusia, karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita berkurang, sehingga sering menyebabkan manusia mudah terserang penyakit di musim pancaroba. Selain itu temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang membuat virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Kondisi ini menyebabkan lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibandingkan pada musim yang temperaturnya relatif stabil.

Topik Terkait