Pelajari Kolesterol di Tubuh Anda

Kolesterol merupakan jenis lipit atau lemak yang terdapat dalam tubuh manusia. Kolesterol mempunyai fungsi untuk menghasilkan hormone dan vitamin d pada membrane sel dinding. Secara umum kolesterol dihasilkan sendiri oleh tubuh dengan kadar tertentu.

Kolesterol terdapat di makanan seperti daging, minyak, telur, dan makanan hewani lainnya. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, akan membuat plak dalam darah manusia. Plak tersebut akan menyumbat di bagian aliran darah, sehingga akan mengalami penyempitan yang akan mengakibatkan penyakit jantung dan penyakit stroke.

Secara umum ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL yakni:

Kolesterol LDL (Low Densisty Lipoprotein) atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat. Kandungan ldl yang tepat dalam tubuh sekitar 60% sampai 70%. LDL akan membawa kolesterol ke seluruh tubuh yang membutuhkan melalui jaringan arteri. Dia akan mengirimkan kapan saja ketika sel tersebut membutuhkan. Tetapi ketika ldl terlalu banyak, akan menimbun kolesterol pada arteri sehingga menyebabkan plak-plak. Timbunan kolesterol tersebut akan menyumbat saluran pembuluh arteri. Ldl berpengaruh dengan kadar lemak jenuh dalam tubuh dan kandungan kolesterol yang kita makan. Sehingga ketika kadar kolesterol tinggi, anda harus melakukan diet rendah lemak.

Kolesterol HDL

Diatas kita sudah membahas mengenai kolesterol ldl, lalu apa perbedaannya dengan kolesterol hdl. Kolesterol hdl merupakan kolesterol baik yang aman untuk tubuh walaupun kadarnya tinggi. HDL (High Desity Lipoprotein) tidak mengandung banyak lemak seperti ldl tetapi mengandung banyak protein. Ldl berfungsi sebagai pengantar kolesterol sedangkan hdl berfungsi sebagai pembersih dalam saluran pembuluh darah arteri. Jadi hdl akan membersihkan ldl yang terlalu tinggi dalam pembuluh darah arteri untuk kembali ke hati dan dicoba untuk didaur ulang kembali. Jika kadar hdl tinggi resiko penyakit jantung sangat kecil tetapi jika hdl rendah akan mengakibatkan penyakit jantung.

Trigleserida

Kalau kolesterol ldl adalah kolesterol yang baik dan kolesterol hdl adalah kolesterol yang jahat. Terdapat satu jenis lemak lagi dalam tubuh yaitu trigleserida. Trigleserida merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang mengandung banyak sekali energy. Ketika anda mengkonsumsi makanan dan energy dalam tubuh sudah tercukupi, sebagian energy akan disimpan sebagai trigleserida. Kadar trigleserida yang normal sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi jika terlalu tinggi akan mengakibatkan penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes.

Sehingga untuk mengontrol kadar kedua kolesterol dan trigleserida dalam tubuh, harus mengatur konsumsi makanan setiap harinya seperti dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan olahraga. Jika semua kadar normal akan membuat anda terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Namun jika kadar kolesterol terlalu tinggi, disarankan untuk melakukan diet rendah lemak dan jangan mengkonsumsi sembarangan obat kolesterol.

Courtesy RS PJN Harapan Kita

Topik Terkait